Tim Saber Pungli Gelar Sosialisasi Kepada Para Kepala SKPD, Camat, Dan Kepala Desa

Warta Kuningan | Komitmen Pemerintah Kabupaten Kuningan terhadap sapu bersih pungutan liar tidak setengah-setengah. Setelah pembentukan satuan petugas tingkat Kabupaten Kuningan, kali ini tim Saber Pungli menggelar sosialisasi kepada para kepala SKPD, camat, dan kepala desa di Hotel Horison Tirta Sanita Kuningan, Senin (17/4/2017).

Ketua Pelaksana Sosialisasi Maman Hermansyah menjelaskan, tujuan sosialisasi sebagai upaya pemberantasan secara tegas, terpadu, efektif dan menimbulkan efek jera. Sosialisasi untuk memberi gambaran ke ASN agar terhindar dari perbuatan dan praktik pungli yang sangat merugikan banyak pihak.
“Diharapkan dengan adanya sosialisasi ini dapat diketahui apa yang boleh dan tidak boleh dikerjakan terkait dengan pungli dan berkomitmen bersama untuk mewujudkan tidak ada lagi pungli di Kuningan,” katanya.

Bupati Acep yang diwakili Sekda Yosep Setiawan dalam sambutannya menjelaskan, pungli adalah biaya di tempat yang tidak seharusnya dikenakan atau dipungut. Dia menegaskan, praktik pungli termasuk tindakan kejahatan pidana yang sangat merugikan banyak pihak.

Pungli dapat merusak tatanan pemerintahan, keluarga dan karier. Praktik pungli telah merusak sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, sehingga perlu upaya pemberantasan secara tegas, terpadu, efektif, efisien dan mampu menimbulkan efek jera.

Yosep mengatakan, sudah banyak contoh kasus Pungli yang telah ditangani tim Saber Pungli Kabupaten Kuningan dan kasusnya akan segera disidangkan. Sanki berat siap mengancam terhadap siapa pun pelakunya.  “Saya berharap, jangan ada lagi praktik pungli terjadi dan dilakukan khususnya oleh aparat sipil negara di Kabupaten Kuningan,” kata Yosep.

Sosialisasi pencegahan pungutan liar kali ini menghadirkan pembicara Ketua Tim Saber Pungli yang juga Wakapolres Kuningan Kompol Benny Bathara dan Kepala Inspektorat Kabupaten Kuningan Kamil Ganda Permadi. Kegiatan sosialisasi ini merupakan gebrakan tim Saber Pungli Kabupaten Kuningan yang ke sekian kalinya.

Tujuannya untuk memberitahukan kepada seluruh unit-unit pelayanan di wilayah Kabupaten Kuningan bahwa saat ini telah terbentuk Satgas Saber Pungli. Sebagaimana amanah Perpres Nomor 87 Tahun 2016 dan dibentuk berdasarkan Keputusan Bupati Kuningan Nomor 700/KPTS.538-INSPEKTORAT/2016 Tanggal 30 November 2016.

Related posts

Leave a Reply