Sebanyak 660 Guru PAUD Ikuti Pelatihan Peningkatan Kompetensi

Warta Kuningan | Ratusan Guru PAUD se-Kabupaten Kuningan mengikuti pelatihan peningkatan kompetensi guru yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan di Gedung Gelanggang Pemuda, Senin (17/4/2017). Pelatihan peningkatan kompetensi guru PAUD tersebut dihadiri Wakil Bupati Kuningan, Dede Sembada, Bunda PAUD Hj. Ika Acep Purnama.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Kuningan mengatakan atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Kuningan  menyambut baik pelaksanaan kegiatan ini yang diprakardai oleh IGTKI dan HIMPAUDI Kabupaten Kuningan, tentunya menjadi momentum yang sangat bermanfaat bagi tenaga pendidikan dalam rangka peningkatan mutu dan kompetensi pendidik khususnya guru PAUD.

Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan bernegara, sekolah mewrupakan salah satu institusi formal dan strategis dalam menyiapkan sumberdaya manusia yang kompetitif.

Selanjutnya menurut UU nomor 20 tahun 2003 yang menyatakan bahwa” Pendidikan anak usia dini adalah upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang di lakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

Pendidikan anak usia dini di persiapkan untuk mengikuti pendidikan dasar atau pendidikan lanjutan, oleh karena itu tenaga pendidikan perlu disiapkan secara baik melalui pelaksanaan pelatihan maupun seminar, di harapkan memiliki kompetensi sesuai dengan strandar pendidikan yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosoal dan kompetensi profesional sehingga dapat memenuhi tuntutan kebutuhan masyarakat.

Wakil Bupati pun mengharapkan dengan adanya kegiatan pelatihan peningkatan kompetensi guru PAUD dapat meningkatkan kualitas pengajar yang berada di Kabupaten Kuningan
Sementara itu Ketua panitia sekaligus Ketua IGTKI Kuningan, Eli Jubaedah mengatakan, pendidikan yang berkualitas itu salahsatunya dari guru yang berkualitas. Tentunya menjadi momentum yang sangat bermanfaat bagi tenaga pendidikan untuk meningkatkan mutu dan kompetensi, serta dapat mengembangkan kreativitas dan inovasi menuju PAUD berkualitas.

“Alhamdulillah peserta sangat antusias dan yang ikuti sekitar 660 orang. Kami juga ingin mendukung Kuningan sebagai kabupaten pendidikan, maka yang harus dibangun itu dari pendidikan anak usia dini,” kata Eli.

Related posts

Leave a Reply