Peringati Hari Air Sedunia, Pemda Kuningan Dan BBWS Cimanuk-Cisanggarung Tanam Pohon

Warta Kuningan | Dalam rangka memperingati Hari Air Dunia yang ke XXV 2017, Balai Besar Wilayah Sungai ( BBWS Cimanuk-Cisanggarung ) Bersama unsur pimpinan daerah Kabupaten Kuningan, bersama-sama menanam pohon yang dipusatkan di obyek Wisata Balong Dalem Desa Babakanmulya Jalaksana, Rabu(22/3/2017).

Dalam sambutannya Bupati Kuningan mengatakan, Kabupaten Kuningan telah mendekalarasikan sebagai Kabupaten Konservasi sejak tahun 2006. Bertolak dari sini maka program pembangunan yang ditempuh berlandaskan pada pemanfaatan berkelanjutan, perlindungan sistem penyangga kehidupan, dan pengawetan keanekaragaman hayati terus diselenggarakan melalui kebijakan pembangunaannya, diantaranya pembangunan kawasan konservasi eksitu (Kebun Raya Kuningan),hutan kota, program pengantin peduli lingkungan, aparatur peduli lingkungan, program pembangunan embung dan situ, pembangunan ekonomi dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat juga tetap digalakan termasuk pembangunan embung, situ serta pembangunan dan pengelolaan irigasi secara berkelanjutan.

Selain itu tantangan pengelolaan lingkungan di masa yang akan datang adalah semakin berkembangnya tuntutan akan pemanfaatan sumber daya alam, disisi lain tekanan terhadap lingkungan hidup dengan kebutuhan akan kualitas lingkungan hidup yang sehat, berkenlajutan dan berkeadilan akan semakin meningkat pula.

Berpedoman pada hal itu, maka pembaangunan berkelanjutan merupakan arah yang menjadi tujuan pembangunan Kabupaten Kuningan ke depan, khususnya baagi kebutuhan air baaik kebutuhan air baku masyarakat maupun pertanian. Kita harus menyadari dan lebih peka terhadap keberlangsungan air, terutama air bersih. Hari air sedunia ini memiliki tema besar yaitu “Water Waste/Air Limbah “. Melalui tema besar ini bertujuan mengingatkan pertumbuhan penduduk semakin meningkat, maka kebutuhan air bagi kehidupan juga akan terus meningkat.

Sementara itu M. Mazid Kepala BBWS Cimanuk Cisanggarung Jawa Barat mengatakan Pada kegiatanya ini BBWS sungai Cimanuk Cisanggarung melaksanakan kegiatan penanaman pohon dalam rangka penyelamatan mata air yang sekaligus peringatan Hari Air Dunia yang diperingati setiap tahun. Sebelumnya rangkaian kegiatan peringatan hari air dunia ke XXV Tahun 2017 yang dilaksanakan BBWS, diisi dengan dengan kegiatan kegiatan yang bersifat sosialisasi konservasi lingkungan.

“Hari ini merupakan hari peringatan yang ditunjukan untuk menarik dari kerusakan,” kata M. Mazid Kepala BBWS Cimanuk Cisanggarung Jawa Barat.
Lanjut Mazid, adanya permasalahan air yang sedang dialami dunia ini telah mendorong dan meningkatkan kesadaran dan kepedulian akan perlunya perhatian masyarakat sedunia akan pentingnya air bagi kehidupan serta untuk melindungi pengelolaan Sumber Daya Air secara berkelanjutan, dan melindungi mata air upaya bersama-sama dari seluruh komponen bangsa dan bahkan dunia untuk memanfaatkan dan melestarikan sumber daya alam (SDA) secara berkelanjutan.

Related posts

Leave a Reply