Disnakertrans Kabupaten Kuningan Gelar Pameran Bursa Kerja

Warta Kuningan | Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Kuningan menggelar pameran bursa kerja (job fair). Pameran berlangsung selama empat hari, Senin- Kamis (13-16/3/2017), di halaman parkir disnakertrans.

Sebanyak 40 perusahaan baik lokal Kuningan, Cirebon maupun Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) turut andil dalam kegiatan job fair tersebut. Acara tahunan Pemkab Kuningan tersebut mendapat sambutan antusias para pencari kerja
Dalam sambutannya Bupati menyatakan, upaya untuk mengurangi pengangguran di Kabupaten Kuningan harus terus ditingkatkan. Diantaranya melalui bursa penempatan kerja, pemberdayaan Bursa Kerja Khusus (BKK) maupun perguruan tinggi. Pemberdayaan tenaga kerja mandiri dan pemberdayaan masyarakat melalui pembentukan wirausaha baru . Pemberdayaan masyarakat melalui penerapan teknologi tepat guna dan upaya lainnya.

Sementara, Kabid Penempatan Kerja Disnakertrans Kabupaten Kuningan Gunarto mengungkapkan, kegiatan job fair merupakan salah satu upaya pemerintah daerah dalam upaya mengurangi angka pengangguran. Gunarto mengakui, angka pengangguran di Kabupaten Kuningan masih terbilang tinggi.

Sehingga adanya job fair diharapkan bisa menyerap sedikitnya 5.000 tenaga kerja untuk bekerja di perusahaan dalam negeri maupun luar negeri. Sehingga adanya job fair bisa menekan angka pengangguran.
Lebih jauh, adanya penyerapan tenaga kerja bisa meningkatkan angka kesejahteraan masyarakat. Karena itu, bagi lulusan sekolah jangan sungkan untuk datang ke pameran job fair.
“Kami menghadirkan 40 perusahaan lokal dan juga yang berlokasi di wilayah Jabodetabek. salah satunya ada perusahaan kapal pesiar yang saat ini saja membuka lowongan untuk 1.500 orang,” ujar Gunarto di lokasi pameran
Menurut Gunarto, acara job fair tersebut sengaja digelar pada bulan Maret mengingat saat ini sudah memasuki masa kelulusan pelajar SMA/SMK. Hal ini diharapkan bisa menjadi solusi untuk menyalurkan para lulusan yang ingin melanjutkan ke dunia kerja.

Dalam acara job fair juga digelar kegiatan seminar gratis tentang tips dan trik melamar pekerjaan. Adapun pematerinya, kata dia, adalah pakar yang kompeten dan berpengalaman dalam bidang ketenagakerjaan.

Related posts

Leave a Reply