Polres Kuningan Tanamkan Tertib Berlalu Lintas Sejak Dini

Warta Kuningan | Dalam rangka operasi simpatik lodaya 2017 Satuan Lalu Lintas Polres Kuningan mengadakan program Polisi Sahabat Anak (PSA) yang merupakan wujud nyata kepedulian Polri kepada masyarakat khususnya anak-anak dalam memberikan penyuluhan dan pembinaan, sehingga dapat membiasakan kepada anak-anak sejak usia dini untuk tertib berlalu lintas
Secara bergiliran, Satlantas dan Sat Binmas mengundang siswa PAUD, TK dan SD untuk diajak bermain dengan materi mengenal rambu-rambu lalu lintas, berkenalan dengan polisi, dan juga berkunjung ke markas Polres Kuningan.

‘’Cara ini sekadar untuk menumbuhkan pengertian kepada mereka sejak dini, bahwa polisi bukan figur menakutkan, mereka bisa datang ke kantor polisi kapan saja mau, dan mengenal rambu-rambu lalu lintas,’’ kata Aiptu Adar.
Walhasil ketika sejak dini anak-anak sudah dikenalkan rambu lalu lintas di jalan, harapannya ketika dibonceng orang tuanya, atau bepergian bersama keluarga, tiba-tiba ayahnya atau sopir melanggar aturan, dia bisa langsung menegur, loh, Yah, lampu merah kok terus.

Tentang sosok polisi, misalnya dikenalkan sosok polisi sahabat anak, polisi tidak menakutkan sebagaimana biasa dikenalkan kepada anak-anak kecil zaman dulu.

‘’Zaman kita dulu, kalau nakal akan dipanggilkan polisi. Nah, hal seperti itu membuat citra polisi tidak baik di mata anak-anak. Itu yang kita balik dan dikenalkan kepada anak-anak bahwa polisi itu baik, bisa menjadi sahabat anak kecil sampai dewasa, dan lainnya. Tak perlu takut bertemu polisi,’’ kata dia.
Yang jelas, semua bentuk penyadaran untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas, karena kebiasaan melanggar aturan, terus dikenalkan sejak dini. Dari kecil anak-anak sudah harus kenal aturan lalu lintas, sehingga sampai dewasa harapannya terpatri bahwa melanggar lalu lintas tidak baik.
Selama kegiatan berjalan Kondusif sebagaimana diharapkan oleh Kapolsek Darma dan Kapolres Kuningan AKBP M Syahduddi SIK.

Related posts

Leave a Reply