Uniku Gelar Rektor Cup II Pencak Silat Se-Wilayah Kunci Bersama

Warta Kuningan | Universitas Kuningan (Uniku) melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pencak Silat bekerja sama dengan IPSI Kabupaten Kuningan dan Badan Kerjasama Antar Daerah (BKAD), menggelar kegiatan Pencak Silat Rektor Cup II 2017 untuk pelajar dari tingkat SMP/MTS/sederajat sampai dengan tingkat SMA/SMK/MA/sederajat se-Wilayah Kunci Bersama di Gedung Student Center Iman Hidayat Kampus I Universitas Kuningan, Selasa (28/02/2017).

Hadir dalam acara pembukaan, Bupati Kuningan yang diwakili oleh Sekertaris Dinas (Sekdis) Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Kuningan Dr. Toto Toharudin, M.Pd., beserta jajaranya, Ketua BKAD Kunci Bersama Aang Hamid Suganda, S.Sos., Perwakilan dari KODIM 0615 Kuningan, Perwakilan dari Polres Kuningan, Perwakilan dari Bank BJB Kuningan, Perwakilan dari Bumida Cirebon, Ketua IPSI Kabupaten Kuningan Dr. Ukas Suharfaputra, M.P., Perwakilan dari KONI Kabupaten Kuningan, Ketua Forum BELAKU, Perwakilan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan, Wakil Rektor III Universitas Kuningan Ilham Adhya, M.Si., Dekan Fakultas Hukum Haris Budiman, SH., MH., Wakil Dekan I FKIP Dadang Solihat, M.Pd.BI., Wakil Dekan II Fahutan Yayan Hendrayana, M.Si., Ketua Program Studi (Prodi) Manajemen Rina Masruroh, SE., M.ESy., Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Kuningan Indra Adila Pratama, Ketua UKM Pencak Silat Uniku Riyan dan tamu undangan lainnya.

Ketua Pelaksana Pencak Silat Rektor Cup II 2017 Revi Oktavia, mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk realisasi dari program kerja (Proker) dari UKM Pencak Silat Universitas Kuningan yang memiliki tujuan untuk mempererat tali silaturahmi, mengenalkan Universitas Kuningan dan mencari generasi muda yang berprestasi.
“Iya, kegiatan ini merupakan salah satu proker dari UKM kami (Pencak Silat) Uniku yang memiliki tujuan untuk mempererat silaturahmi, mengenalkan Uniku dan mencari generasi muda yang berprestasi,” tuturnya.

Selain itu, Revi menjelaskan, kegiatan tersebut diikuti 323 orang peserta yang berasal dari empat (4) Kabupaten dan satu (1) Kota dari Wilayah Kunci Bersama.
“Iya, diikuti 323 orang peserta dari empat (4) Kabupaten dan satu (1) Kota dari Wilayah Kunci Bersama,” jelasnya.

Ditambahkannya, kegiatan yang bertemakan untuk melestarikan pencak silat selaku budaya Indonesia dengan membangun generasi muda yang berprestasi nan gemilang itu, diharapkan kegiatan tersebut bisa berjalan dengan lancar dan sukses selama satu minggu ke depan.
“Iya, semoga kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar dan sukses serta peserta tetap menjungjung tinggi jiwa sportivitas,” harapnya.
Wakil Rektor III Universitas Kuningan Ilham Adhya, M.Si., mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi mendukung dan menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran pengurus UKM Pencak Silat Uniku atas terselenggaranya kegiatan tersebut.
“Terimakasih, kepada seluruh jajaran panitia dari pengurus UKM Pencak Silat Uniku yang telah mempersiapkan kegiatan tersebut dengan matang sehingga bisa berjalan dengan lancar dan sukses,” tuturnya.

Sedangkan Ketua BKAD Kunci Bersama Aang Hamid Suganda, S.Sos., dalam sambutannya, mengatakan, pihaknya juga sangat mengapresiasi dengan bangga kegiatan tersebut sehingga bisa terlaksana dengan baik, walaupun belum seluruh daerah Kunci Bersama bisa mengikuti kegiatan tersebut.
“Alhamdulillah, kegiatan yang baru pertama kalinya se-wilayah Kunci Bersama tersebut, sudah bisa diikuti oleh 323 peserta yang berasal dari empat (4) Kabupaten dan satu (1) Kota se-Wilayah Kunci Bersama tersebut sudah pencapaian yang sangat luar biasa,” tuturnya.
Selain itu, Aang yang merupakan mantan Bupati Kuningan dua periode tersebut, pihaknya berharap, pada pelaksanaan kegiatan Rektor Cup III ke depannya, semoga bisa diikuti oleh seluruh daerah Kabupaten/Kota yang tergabung dalam Wilayah Kunci Bersama.
“Semoga, di penyelenggaraan Rektor Cup III ke depannya, bisa diikuti oleh Sembilan Kabupaten/Kota yang tergabung dalam Wilayah Kunci Bersama,” harapnya.
Sementara itu, Bupati Kuningan yang diwakili oleh Sekdis Disporapar Kabupaten Kuningan dalam sambutannya, mengatakan, pihaknya juga menyambut baik dengan memberikan apresiasi penghargaan yang setinggi-tingginya atas terselenggaranya kegiatan Rektor Cup II yang dirasa sangat positif sekali untuk generasi muda dalam rangka pembinaan bagi para atlet-atlet cabang olahraga pencak silat.
“Saya bangga dan mendukung sekali kegiatan seperti ini. Kegiatan ini, bisa dijadikan sebagai ajang untuk pembinaan bagi generasi muda,” ujarnya.

Selain itu, Bupati Kuningan berharap, kegiatan-kegiatan seperti Rektor Cup II ini, diharapkan konsisten dengan tetap terus berjalan ke depannya. Karena kegiatan ini, dirasa sangat banyak manfaatnya dan positif sekali dalam rangka pembinaan generasi muda dan sebagai sarana untuk mempersiapkan para atlet-atlet pencak silat pada kejuaraan-kejuaraan lainnya seperti Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab), Pekan Olahraga Daerah (Porda) maupun Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas).
“Perlu diketahui bersama, dari cabang olahraga pencak silat pada ajang Pospenas 2016 kemarin, cabor pencak silat mempersembahkan raihan mendali emas untuk kontingen Kabupaten Kuningan. Jadi, kegiatan seperti ini harus konsisten diselenggarakan setiap tahunnya sebagai ajang untuk pembinaan dan persiapan bagi para atlet cabor pencak silat,” harapnya.

Related posts

Leave a Reply