Hujan Deras, Aliran Sungai Srigading Cipakem Meluap

Warta Kuningan | Hujan deras yang mengguyur Kuningan dan sekitarnya pada Senin (27/2/2017) sejak siang hingga sore hari menyebabkan sungai Cipakem di aliran anak sungai Srigading Desa Cipakem Kecamatan Maleber Kuningan meluap.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kuningan, Agus Mauludin mengatakan, luapan air sungai itu akibat hujan deras yang terus menerus sejak siang hingga sore hari. Akibatnya, air sungai meluap hingga menggerus pondasi dan Tembok Penahan Tebing (TPT) yang berada di tepian sungai.

“Kejadian itu menimpa Dusun Minggu RT/RW 05/02 dan RT/RW 06/02, Dusun Senen RT/RW 08/03 dan Dusun Selasa RT/RW 03/01 Desa Cipakem Kecamatan Maleber. Jadi, hampir 3 jam hujan itu turun cukup deras,” ujarnya.

Disebutkan, adapun sejumlah dampak akibat luapan air sungai yakni di Dusun Minggu RT/RW 05/02 ada TPT longsor dengan panjang 5 meter dan tinggi 3 meter, hingga mengakibatkan 1 unit Mushola Al-Ibro terancam longsor. Lalu, di RT/RW 06/02 Dusun Minggu sebuah pondasi posyandu setinggi 4 meter dan panjang 8 meter rusak sedang akibat longsor, serta Dusun Senen RT/RW 08/03 sebuah TPT sungai setinggi 3 meter dengan panjang 40 meter longsor
“Adapun di Dusun Selasa RT/RW 03/01, sejumlah kerusakan terjadi seperti TPT dengan panjang 40 meter dan tinggi 3 meter longsor hingga mengancam 3 unit rumah warga milik Ahidi (1 KK 3 jiwa), Uhen (1 KK 3 jiwa) dan Andi (1 KK 3 jiwa), TPT jalan longsor sepanjang 20 meter dan tinggi 3 meter, 1 unit warung kelontongan milik Ahmad longsor hanyut terbawa aliran sungai, dan 1 unit warung milik Uu Suarsa juga turut terancam longor,” ungkapnya.

luapan sungai pun membuat 1 orang hilang diduga terbawa arus anak sungai Srigading, Korban hanyut bernama Sulaeman Bin Lumri (47) warga RT 03/01 Dusun Selasa Desa Cipakem Kecamatan Maleber. Lelaki yang sehari-harinya bekerja sebagai petani ini terseret arus deras yang tiba-tiba datang saat melewati jembatan bambu sepulang dari sawah.

Mendapat kabar tersebut, Kades, Camat Maleber, Saleh; Danramil 1512/Lebakwangi,Kapten Inf Teguh P.  beserta Babinsa; Kapolsek Lebakwangi, Akp Hendra Indrakarna beserta Binmas berada di lapangan..

Hingga saat ini korban belum diketemukan dan dalam pencarian oleh Apdes, warga masyarakat dan team SAR/BPBD Kuningan serta Forum Komunikasi Kecamatan Maleber. Mengingat cuaca buruk sampai malam dan kondisi medan kurang memungkinkan, tim pencari menghentikan sementara pencarian, dan akan dilanjutkan pagi ini

Related posts

Leave a Reply